Saturday, June 6, 2020

Tugas Port Paralel


·        Port Paralel
Paralel port atau biasa disebut dalam bahasa Indonesia adalah port paralel merupakan sebuah port pada personal computer yang berfungsi sebagai alat komunikasi komputer (motherboard) dengan perangkat luar yang bersifat paralel. Pada port paralel, pemindahan informasi dapat dilakukan secara bersamaan sehingga informasi yang terkirim lebih banyak daripada port seri. Port paralel biasa dikenal dengan Printer Port atau Centronics Port. Fungsi port paralel adalah sebagai penghubung motherboard dengan Printer jenis lama, Zip drive, beberapa Scanner, Sound Cards, Web Cams, Gamepads, Joystick, pemrograman EPROM, peralatan SCSI melalui adapter paralel ke SCSI, percobaan dengan TTL 12 driver, dan External CD-R atau CD-RW. Selain itu, port paralel juga digunakan sebagi uji coba sederhana dalam perancangan peralatan elektronika.
Port paralel untuk mentransmisikan data pada jarak yang pendek secara cepat. Port ini sering dipakai untuk menghubungkan printer, disk eksternal, atau tape magnetikuntuk backup.

Kelebihan Port Paralel :
·         Proses pengiriman data lebih cepat
·         Data dikirimkan sekaligus, misal 8 bit bersamaan
·         Karakteristik Media harus baik
Kekurangan Port Paralel:
·         Komunikasi parallel adalah masalah half-duplex. Kabel yang digunakan untuk mengirim dan menerima data adalah kabel yang sama.
·         Karena transmisi dilakukan pada waktu yang sama, maka dibutuhkan kabel lebih banyak.
·         Sudah jarang digunakan

Perangkat yang dapat tersambung
·         Printer
·         Scanner
·         External Driver


Friday, May 1, 2020

Prinsip Dasar Antarmuka


Mbah Jass: Handshaking Komputer


Apa itu Handshaking? Umumnya handsaking lebih dikenal dengan jabat tangan, namun definisi handsaking yang sebenarnya adalah pertukaran signal yang ditentukan saat hubungan dilakukan antara dua terminal.  Handsaking merupakan prinsip dasar dari suatu hubungan pada sebuah interfacing.
Di dalam komunikasi telepon, handshaking adalah pertukaran informasi antar dua modem dan persetujuan yang menghasilkan tentang protokol dimana untuk menggunakan yang mendahului masing-masing sambungan telepon. Agar dapat dengar handshaking dalam memamah dan bunyi lain manakala kamu membuat suatu dial-out panggil dari komputer.
Handshaking merupakan teknik komunikasi diantara dua entiti yang secara otomatis menentukan parameter-parameter komunikasi di antara dua entiti sebelum komunikasi data dimulai. Handshaking terjadi setelah adanya koneksi fisik sebelum adanya transfer informasi secara normal. Handshaking diperlukan untuk membentuk aturan komunikasi pada saat komputer akan terhubung dengan perangkat lain seperti modem, printer, atau server jaringan.

Berikut adalah contoh dari handshaking.
Proses Handshake melibatkan pertukaran cryptographic keys, certificate, dan informasi lain , random data digunakan untuk membuat enkripsi satu waktu, dan valuenya digunakan untuk mengidentifikasi SSL yang dibuat dari Handshake. Handshake memiliki tiga tujuan:
1. Untuk membolehkan client dan server  setuju mengenai algoritma yang akan mereka gunakan.
2. Untuk melibatkan kumpulan dari crypto keys untuk digunakan oleh algoritma tersebut.
3. Untuk mengautentikasi client
Catatan penting bahwa SSL Handshake memerlukan perhitungan yang sangat kompleks dan perlu komputer dengan processor yang tangguh.Pada akhir cryptographic key dibuat dan dipertukarkan antara client dan server,  enkripsi berikutnya dibuat cukup mudah sejauh processor dari komputer terfokus, namun hal itu tetap menjadikan perlunya performa tinggi dari server. Terutama ketika Handshake dengan jumlah besar terjadi dalam waktu bersamaan.
Software Handshaking, menggunakan dua karakter khusus yang disisipkan ke dalam aliran data untuk membawa informasi kontrol aliran data.

Adakah keterkaitan handsaking hardware dan handsaking software?
Software Handshaking, menggunakan dua karakter khusus yang disisipkan ke dalam aliran data untuk membawa informasi kontrol aliran data, sedangkan Hardware Handshaking – Teknik yang digunakan untuk mengatur aliran data dengan memanfaatkan sinyal kontrol yang ada pada jalur komunikasi.
Contoh: Sinyal RTS (Request to Send) and CTS (Clear to Send)

Monday, April 13, 2020

UI/UX - Vclass Interaksi Manusia & Komputer


UI/UX

Apa itu UI/UX? UI dan UX adalah singakatan dari User Interface dan User experience yakni merupakan sebuah tampilan visual dalam sebuah aplikasi atau alat pemasaran digital dalam bentuk website yang dapat meningkatkan brand yang dimiliki oleh bisnis atau perusahaan – perusahaan.

·         User Interface (UI)
UI adalah desain antarmuka yang lebih memfokuskan pada keindahan dari sebuah tampilan, pemilihan warna yang baik dan pas dan hal-hal lainnya yang membuat tampilan web ecommerce yang kita miliki lebih enak dipandang mata dan membuat pengujung betah berlama-lama.
UI lebih menciptakan ikatan emosional dengan pengguna melalui desain yang menarik dan indah. Biasanya UI akan diimplementasikan atau dikerjakan setelah UX selesai dengan menentukan desain dari layout, logo, warna, typography dan hal lainnya untuk mempercantik web ecommerce yang anda miliki

·         User Experience (UX)
UX adalah dari fungsinya, jika UI lebih berfungsi untuk membuat desain web ecommerce menjadi lebih indah. UX merupakan desain yang digunakan untuk meningkatkan kepuasan dari pengguna website melalui kesenangan dan kegunaan yang diberikan dalam interaksi antara pengguna internet atau pengunjung dan produk. UX inilah yang berfungsi untuk membuat website ecommerce anda menajdi lebih mudah dan tidak membingungkan pengguna.
UX dapat dikatakan sebagai keseluruhan dari elemen suatu website yang mencakup susunan, struktur, kemudahan dalam pemindahan satu halaman ke halaman yang lainnya dan sebagainya.

Berikut adalah contoh contoh UI/UX yang berada pada kehidupan sehari – hari :
1.      Voice Based Search Interface
Di masing-masing perangkat elektronik mayoritas pasti memiliki Voice Assistant seperti SIRI, Cortana, atau Google Voice Search yang dapat dengan mudah memberikan hasil apa yang kalian mau di search engine berdasarkan suara.
2.      Click Wheel Pada ipod
Click Wheel menggabungkan fungsi yang sangat tajam dengan kesederhanaan sentuhan dan cara yang membangkitkan minat pendengar musik portable



3.      ATM
Interface pada mesin ATM memudahkan penggunanya dalam hal menarik serta menyetor uang tunai mereka. User hanya perlu memasukan kartu ATM, memasukan PIN nya, dan nantinya akan muncul yang opsi yang bisa usernya pilih sesuka hati.
4.      Electronic Tolling Collection (E-Toll)
Pemilik kendaraan bermotor pasti sudah sangat akrab dengan benda yang satu ini. Electronic Tolling Collection atau lebih dikenal dengan E-Toll merupakan desain user interface yang memudahkan kendaraan untuk memasuki gerbang Tol dengan cepat dan Efisien.
5.      Navigation Satellite & GPS
Device GPS biasanya dipasang di dashboard mobil, atau di smartphone. Dulu GPS hanya boleh digunakan Militer, Namun kini hampir semua orang bisa menggunakannya.
6.      Gesture Recognition
Saat ini, penggunaan Gesture Recognition atau interaksi manusia dengan komputer berbasis gerakan yang paling luas dan dikenal adalah dalam bermain game(Virtual Reality). Tetapi tidak hanya itu saja, Gesture recognition kemungkinan akan diaplikasikan pada OS PC maupun laptop di masa depan.
7.      Virtual Reality (VR)
Virtual reality adalah sebuah teknologi yang membuat pengguna atau user dapat berinteraksi dengan lingkungan yang ada dalam dunia maya yang disimulasikan oleh komputer, sehingga pengguna merasa berada di dalam lingkungan tersebut.
Virtual reality bekerja dengan memanipulasi otak manusia sehingga seolah-olah merasakan berbagai hal yang virtual terasa seperti hal yang nyata


Thursday, March 19, 2020

Interaksi Manusia dan Komputer


       1.    Apa itu IMK?
Jawab :
IMK (Interaksi Manusia dan Komputer) adalah ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dan komputer yang meliputi perancangan, evaluasi, dan implementasi antarmuka pengguna agar mudah digunakan manusia. Sedangkan IMK sendiri adalah serangkaian proses, dialog dan kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk berinteraksi dengan komputer secara interaktif untuk melaksanakan dan menyelesaikan tugas yang diinginkan.
IMK atau interaksi manusia dan komputer adalah suatu ilmu yang sangat berkaitan dengan desain implementasi dan evaluasi dari sistem komputasi yang interaktif untuk digunakan oleh manusia dan studi tentang ruang lingkupnya, ada interaksi antara satu atau lebih manusia dan satu atau lebih komputasi mesin.
Tujuan IMK:
1. Membuat sistem yang lebih berguna, aman, produktif, efektif, efisien, dan fungsional.
2. Meningkatkan interaksi antara manusia dan computer.

2.               Paradigma IMK
Jawab :
Paradigma yaitu sistem interaksi yang berhasil pada umumnya diyakini akan meningkatkan daya guna dari system tersebut.

Jenis-jenis Paradigma :
1.      Time Sharing
Satu komputer yang mampu mendukung (dapat digunakan oleh) multiple user
2.      Video Display Unit (VDU)
Dapat memvisualisasikan dan memanipulasi informasi yang sama dalam representasi yang berbeda dan mampu memvisualisasikan abstraksi data
3.      Programming Toolkits (Alat Bantu Pemrograman)
Alat Bantu Pemrograman memungkinkan programmer meningkatkan produktivitasnya
4.      Komputer Pribadi (Personal Computing)
Mesin berukuran kecil yang powerful, yang dirancang untuk user tunggal
5.      Sistem Window dan interface WIMP (Windows, Icons, Menus and Pointers)
Sistem window memungkinkan user untuk berdialog / berinteraksi dengan computer dalam beberapa aktivitas/topik yang berbeda
6.      Metapora (Metaphore)
Metapora telah cukup sukses digunakan untuk mengajari konsep baru, dimana konsep tersebut telah dipahami sebelumnya.
7.      Manipulasi Langsung (Direct Manipulation)
Manipulasi Langsung memungkinkan user untuk mengubah keadaan internal sistem dengan cepat.
8.      Bahasa vs Aksi (Language vs Action)
Bahasa digunakan oleh user untuk berkomunikasi dengan interface
9.      Hypertext
Penyimpanan informasi dalam format linear tidak banyak mendukung pengaksesan informasi secara random dan browsing asosiatif.
10.  Multi-Modality
Sistem multi-modal interaktif adalah sistem yang tergantung pada penggunaan beberapa (multiple) saluan (channel) komunikasi pada manusia
11.  Computer-Supported Cooperative Work (CSCW)
Perkembangan jaringan komputer memung-kinkan komunikasi antara beberapa mesin (personal komputer) yang terpisah dalam satu kesatuan grup. Sistem CSCW dirancang untuk memungkin-kan interaksi antar manusia melalui komputer dan direpresentasikan dalam satu produk.

3.                          Jelaskan apa yang ingin dibuat dari IMK dan tujuan membuat alat tersebut!

Jika dapat membuat IMK sendiri, saya ingin menciptakan sebuah kacamata yang dapat mengakses semuanya seperti: pesan dari ponsel, menerima telfon dan apa saja yang dapat diakses dari ponsel kita. Tujuannya adalah untuk mempermudah kita agar tidak perlu selalu membuka ponsel setiap saat.